Minggu, 28 November 2010

Digital Forensik (Asli Atau Palsu ) Pada File Gambar


Just For Educational Purposes Only

Seiring dengan kemajuan di bidang multimedia, tak lepas dari kenyataan adanya isu-isu gambar palsu di internet. Hal ini membuat orang awam yang kurang tahu, akan benar-benar tertipu. Lantas, bagaimana membedakan antara gambar palsu atau tidak?

Di dalam bidang keamanan cyber, ilmu ini sengaja diciptakan untuk menangani berbagai macam persoalan terkait dengan dunia Digital, yang salah satu kasus nya telah saya sebutkan diatas. Catatan ini dibuat karena banyaknya permintaan untuk menjelaskan contoh dari catatan saya sebelumnya mengenai Restricted Area: Digital Forensic ( Reuse, Reduce, n Recovery Data di FD atau HDD)

So ...
Let's Play ,.

Metode: Dengan memanfaatkan metadata. Pada dasarnya, metadata adalah data dalam file yang dibuat untuk keperluan manajemen. Untuk jenis data gambar (image), metadata mengandung informasi mengenai siapa pemotretnya, kapan pemotretannya, dan setting kamera pada saat dilakukan pemotretan, dll.

Tools: http://impulseadventure.com/photo/jpeg-snoop.html
Namun, untuk lengkapnya bisa anda dapatkan di catatan mengenai: Restricted Area: Digital Forensic (Reuse, Reduce, n Recovery Data di FD atau HDD) khusunya pada bagian Tools Analisa Data.

@------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------@

Ada 2 buah gambar yang akan dibuktikan. ( saya sengaja mengambil contoh gambar yang telah diedit sebelumnya dengan Photoshop CS 4 )

ASLI




♥ 3 Serangkai ♥


Pada data diatas (Yang berwarna kuning), terlihat jelas mengenai Jenis Kamera yang digunakan adalah Camera Sony dengan EXIF Model secara Cybershot U

PALSU



Edited By 1


Pada data diatas terlihat jelas mengenai jenis software yaitu; Adobe Phothoshop CS4 Windows, dengan Kualitas menyimpan gambar 12, dan mode IRB nya telah teridentifikasi juga sebagai Phothoshop.

So,.
Bagaimana dengan gambar hantu di atas. Gambar tersebut saya dapatkan dari salah satu thread di forum kapanlagi.com. ( Pada ribut-ribut mikirin foto itu asli apa enggak ,. lol )
berikut hasil analisa metadatanya:



dari metadata tersebut didapatkan bahwa foto tersebut palsu. Foto tersebut telah diedit dengan Adobe Photoshop, yang jelas sekali mode IRB Photoshop teridentifikasi disana.

So, Everything U Hear, Everything U See, Everything U Feel are Fake Brothers. Itu semua sudah di konspirasi.

0 komentar:

Poskan Komentar