Sabtu, 04 Desember 2010

Cara Mencegah Virus di Komputer dan Flashdisk


Virus merupakan salah satu hal yang paling menakutkan bagi pengguna komputer. karena virus adalah program perusak yang dapat merusak program atau data di komputer yang terserang virus dan dapat pula menyebar ke komputer lainnya. tetapi dengan beberapa tips dan trik berikut komputer anda bisa kan lebih aman dari virus.yang pertama adalah untuk mencegah virus masuk dari flashdisk ke komputer:
Matikan Autorun Komputer dengan cara sbb:
masuk ke gpedit.msc dengan cara klik Start, pilih Run ketik gpedit.msc kemudian enter. selanjutnya buka Administrative Templates pada Computer Configuration dan user Configuration, buka folder System, selanjutnya cari settingan Turn Off Autoplay, double klik ganti settingannya jadi enabled, pilih all drivers klik OK. atau bisa juga mematikan Autorun lewat Regedit, yaitu dengan cara klik start, klik run ketik regedit, enter. HKEY CURRENT USER > Software > Microsoft > Windows > CurrentVersion > Policies > Explorer, double klik NoDriveAutoRun ganti nilainya menjadi ff. lakukan hal yang sama dengan HKEY_USER > DEFAULT (selanjutnya sama dengan HKEY_CURRENT_USER).
itu untuk melindungi agar komputer tidak kemasukkan virus, selanjutnya agar flashdisk yang tidak terserang virus dari komputer, berikut pengaturannya:
  1. buat folder autorun.inf di flashdisk dan kemudian buat folder con didalamnya. upss, tidak bisa membuat folder con?? buka cmd (start, run, cmd) selanjutnya ketik md\\.\\G:\autorun.inf\con (Enter) . anda bisa menambah folder unik lainnya dengan cara yang sama (folder unik lainnya: aux, nul). untuk menghapus folder tersebut ketik rd\\.\\G:\autorun.inf\con (Enter) , upsss hampir lupa G:\ adalah letak dari flashdisk anda, jadi kalau flashdisk anda berada di drive F:\ maka ganti G:\ dengan F:\. tujuan dibuat folder ini adalah agar virus yang menyerang tidak dapat membuat file autorun.inf untuk virusnya. (teknik yang sama juga digunakan oleh antivirus SMADAV)
  2. Buat file RECYCLER (tanpa Ekstensi). ini untuk mencegah folder RECYCLER yang digunakan oleh virus Conflicker masuk ke flashdisk.
  3. Bikin Folder untuk menyimpan file cara tekan alt+7+7+7 ketik nama tekan alt+7+7+7 (maka sebelum nama folder akan muncul kotak, kotak tersebut jangan dihapus)
Thanks semoga sedikit penjelasan ini bisa bermanfaat.

0 komentar:

Poskan Komentar