Minggu, 05 Desember 2010

Pengertian Card Reader


Bahasa inggris adalah card reader, dalam bahasa Indonesia sering di sebutkartu memori. Pengertian secara umumnya adalah pembaca kartu memori atau alat untuk membaca kartu memori. Card reader biasanya di hubungkan ke komputer dengan kabel USB. USB berfungsi untuk mengakses data pada kartu memori.

Pada awalnya pembaca kartu memori dirancang hanya untuk membaca satu jenis kartu memori saja, namun seiring majunya teknologi. Kini banyak memory card reader yang dapat membaca berbagai jenis kartu memori. Alat ini sering disebut dengan Multicard reader.
Kartu memori biasanya mempunyai kapasitas berdasarkan standard bit digital yaitu 16MB, 32MB, 128MB, 256MB, dan lain-lain. Kartu memori terdapat beberapa tipe yang samapi sekarang ini ada kurang lebih 43 jenis. Jumlah kapasitas terbesar pada saat ini adalah tipe CF (compact Flash) dengan 8GB (1GB = 1024MB, 1048576KB).
FUNGSI CARD READER
Fungsi Card Reader adalah sebagai alat perantara untuk membaca kartu memori, yaitu handphone/Camera Digital/PDA. Tetapi sebelumnya memory harus dilepaskan terlebih dahulu kemudian dimasukkan ke dalam slot / multi slot lubang Card Reader.
Ada 2 tipe:
1.      single slot
Yaitu berupa Card Reader yang satu lubang, biasanya disebut 2in1, 3in1, 5in1 dan lain-lain. Tipe ini biasanya hanya bias membaca jenis memori dari Nokia, MMC, RSMMC, RSMMCDV, SD Card dan T-Frash.
2.      multi slot
Perbedaan dengan single slot, multi slot memiliki 4 slot/lubang. Card reader tipe ini biasanya di sebut 9in1, 12in1, 15in1, 19in1, dan lain-lain. Tapi sekarang bias disebut dengan “All in 1” kenapa “in” nya lama-lama semakin banyak? Karena teknologi semakin berkembang dan bertambah. Jenis kartu yang bias dibacapun semakin banyak, contohnya Memori Stik Duo dan Stik Pro Duo nya

0 komentar:

Poskan Komentar