Minggu, 05 Desember 2010

Topologi Jaringan Komputer (Versi 1.0)


 Topologi jaringan merupakan suatu denah atau alur data suatu jaringan. Topolosi sendiri a da dua macam, yaitu topologi fisik (physical topology) dan topologi  logika (logical topology). Topologi fisik yaitu merupakan susunan perangkat-perangkat di jaringan. Sedangkan topologi secara logika menetapkan bagaimana informasi atau alur aliran data dalam jaringan.
Untuk topologi fisik, terdapat lima macam jenisnya:


  1. Bus
  2. Ring
  3. Star
  4. Mesh
  5. Hirarki.
Ke lima tersebut meruapakan macam-macam topologi fisik jaringan yang sering digunakan kecuali Hirarki.

Topologi Bus


Topologi BusTopologi ini bekerja seperti penumpang,  bis, dan hal te. Bis dalam topologi ini adalah kabel, penumbang adalah data dari komputer, sedangkan haltenya adalah komputer. Topologi ini satu komputer dihubungkan dengan kabel utama, kemudian kabel tersebut di hubungkan ke komputer selanjutnya. Di kabel yang paling ujung kemudian dipasang alat yang bernama “Terminator” agar sinyal data tidak terus memantul yang mengakibatkan kerusakkan pada jaringan.
Topologi ini mudah dipasang, dan cocok digunakan untuk tipe jaringan yang kecil. Kemudian perlatan-peralatan yang di butuhkan tidak terlalu banyak sehingga menghemat biaya.
Kelebihan
  1. Mudah dibangun.
  2. Biaya pembuatan jaringan bus relatif murah.
  3. Mudah dikembangkan, dan juga tidak akan mengganggu workstation yang lain.
Kekurangan
  1. Sangat sulit mendeteksi kesalahan.
  2. Membutuhkan repeater yang harganya relatif mahal jika jangkauan jaringan panjang.
  3. Sering terjadinya keruskan pada jaringan akibat data traffic data yang padat.
  4. Transfer data lambat.

Topologi Ring

Topologi RingTopologi ini merupakan topologi yang alur datanya berbentuk jaringan. Setiap kompute r menghubungkan ke komputer yang selanjutnya. Kemudian komputer yang terkhir menghubungkan ke komputer yang pertama. Jadi dalam topologi tersebut tidak ada awal dan tidak ada akhir dan semua semua komputer bisa mempunya dua sifat yaitu sebagai client dan server. Ketika suatu komputer mengirim data ke komputer yang lain, maka data tersebut akan melewati komputer-komputer sampai komputer tujuan. Jadi setiap data yang dikirim tersebut akan tersentuh oleh komputer yang dilewatinya. Setelah data tersebut sampai, maka komputer penerima tersebut akan mengirim data juga ke komputer pengirim.
Kelebihan
  1. Semua komputer mempunya hak yang sama. Yaitu bisa sebagai client dan server.
  2. Data mengalir dalam satu arah sehingga terjadinya collision dapat dihindarkan.
Kekurangan
  1. Sulit ketika menambah komputer atau mengurangi komputer. Karena semua komputer harus diset ulang pengaturan jaringannya
  2. Apa bila komputer yang satu rusak atau bermasalah, maka akan terjadi kekacauan pada jaringan.
  3. Rentan terhadap kerusakan jaringan.

Topologi Mesh


Topologi MeshDiantara topologi yang lainnya. Topologi mesh merupakan topologi yang mahal dan rumit pemasangannya. Karena setiap komputer menghubungkan dirinya ke semua komputer yang terdapat pada jaringan. Jadi sangat mudah untuk melakukan troubleshoot jika terjadi kesalahan.
Kelebihan
  1. Mudah melakukan troubleshooting ketika terjadi kesalahan.
  2. Kualitas jaringan sangat bagus. Karena jalur jaringan banyak.
Kekurangan
  1. Biaya sangat mahal. Karena setiap komputer harus punya kabel sejumlah kompter yang lain. Misal jumlah komputer ada empat, maka masing-masing komputer harus punya 3 kabel.

Topologi Star


Topologi StarTopologi star memiliki bentuk jaringan yang membentuk seperti bintang. Semua komputer menghubungkan ke suatu alat yaitu hub. Jika komputer pada jaringan ini bermasalah, maka tidak akan mempengruhi jaringan komputer yang lain.
Kelebihan
  1. Mudah dibangun.
  2. Mudah diatur jika ingin menambah komputer .
  3. Biaya pembangunan jaringan murah.
Kekurangan
  1. Jika traffic data padat maka akan terjadi cillision yang mengakibatkan kinerja pada jaringan akan menurun. 
Dari www.techinfo.web.id dengan pengubahan. 

0 komentar:

Poskan Komentar